Sabtu, 08 Februari 2014

TAS KARUNG BERAS
Untuk menjaga kebesihan dan kerindangan alam atau lingkungan sekitar kita, kita harus pandai untuk menjaga kebersihannya. Tidak membuang sampah sebarangan dan memanfaatkan sampah dengan sebaik-baiknya. Jika kita dapat mengolah sampah dengan baik maka sampah tersebut dapat menghasilkan banyak uang. Cara-cara yang dapat dilakukan untuk itu adalah menerapkan 4R (Replace, Reduce,         Reuse, Recycle).
 
Sebagai contoh, kami membuat sebuah tas hasil Reuse (menggunakan sisa sampah yang masih bisa digunakan). Tas ini dibuat dengan sederhana. Hanya berbahan dasar karung beras atau karung tepung. Tas ini termasuk tas ramah lingkungan.                       

Dengan sifat yang dimiliki oleh karung beras atau karung tepung, tas ini juga tas tahan air. Dengan pemanfaatan karung beras dan karung tepung ini, kita sama saja melakukan pengurangan sampah (Reduce) dan mendaur ulang sampah (Recycle). Tas ini juga tahan lama, karena karung beras dan karung tepung marupakan bahan yang cukup kuat. Jadi demikian pula kita juga bisa mengganti sesuatu yang tidak tahan lama dengan sesuatu yang lebih tahan lama masa penggunaannya (Replace).








Bahan yang dibutuhkan untuk membuat tas ini hanya satu karung beras/tepung berukuran sedang, sumbu kompor, dan pita sebagai penghias.
Cara membuat tas ini tidak terlalu sulit, tetapi harus benar-benar terampil, yaitu :
1.    Cuci karung bekas itu, lalu siapkan gunting, sepidol dan sebuah tas jadi yang akan digunakan sebagai contoh.
2.   Lalu buat pola tas yang akan dibuat dengan sepidol lalu guntinglah.
3.   Setelah itu, tas dijahit sedikit dengan benang agar tidak berhamburan.
4.   Jika itu selesai, sekarang tinggal membuat leher tas/pengerutnya. Yaitu dengan cara melubangi karung dengan besi yang panas (banyaknya lubang disesuaikan) lalu dililitkan pitanya.
5.   Lalu membuat tali tas (lengan) melubangi bagian belakang tas (2:atas dan bawah) lalu masukan sumbu kompor dari dalam keluar.
6.   Terakhir, bari tas aksessories sesuai selera.
Selain menjadi tas, karung juga bisa disulap menjadi dompet, tempat pensil, tempat belanja, dll.


Selain melakukan prinsip 3R, kita juga dituntut untuk menjaga kebersihan lingkungan dan juga penghijauan. Pengurangan sampah = pencegahan GLOBAL WARMING!


PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP

SMP NEGERI 2 LAMONGAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar